Profil

1. Latar Belakang
SMK Tunas Bangsa Tawangsari berdiri tahun 1985 terletak di kawasan pedesaan dengan mayoritas penduduk pada taraf ekonomi menengah ke bawah sehingga untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dan biaya sekolah anaknya, para orang tua siswa kebanyakan merantau ke kota-kota besar seperti Jakarta hanya demi biaya sekolah anaknya. Dengan keadaan tersebut di atas banyak dari para siswa yang sering terlambat pembayaran uang sekolah. Namun walaupun kondisi yang demikian SMK Tunas Bangsa Tawangsari dalam usia 22 tahun telah menamatkan 18 lulusan dengan jumlah tamatan 1253 orang dan telah banyak yang terserap perusahaan baik negeri maupun swasta. Bahkan minat masyarakat untuk menyekolahkan akan ke SMK Tunas Bangsa Tawangsari dari tahun ke tahun selalu meningkat.
A. GURU
Guru-guru yang mengajar di SMK Tunas Bangsa Tawangsari sesuai dengan bidang ajarnya dan selalu mengacu pada kurikulum sesuai dengan apa yang tertuang pada Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang mengamanatkan tersusunnya kurikulum pada tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah dengan mengacu kepada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.
Dengan mengacu peraturan di atas, guru-guru di SMK Tunas Bangsa Tawangsari selalu berusaha memenuhi ketentuan tersebut dengan mengikuti diklat-diklat standarisasi kompetensi yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi.
B. SARANA DAN PRASARANA
SMK Tunas Bangsa Tawangsari memiliki luas tanah 1.568 m2 dengan luas bangunan untuk teori dan praktek 980 m2, dan memiliki 3 (tiga) Program Keahlian antara lain Teknik Pemesinan, Teknik Mekanik Otomotif dan Teknaik Komputerdan Jaringan, yang masing-masing telah memiliki sarana praktek sendiri-sendiri. Dan secara geografis sangatlah cocok untuk dunia pendidikan, karena SMK Tunas Bangsa Tawangsari terletak di jalur lintas propinsi, sehingga sangat memudahkan para siswa/masyarakat menuju sekolah.
Melihat potensi sebagaimana tersebut di atas, SMK Tunas Bangsa Tawangsari selalu mengadakan perubahan untuk menuju ke peningkatan mutu tamatan yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman sehingga dengan menjaga bahkan selalu meningkatkan kwalitas pembelajaran dengan diperbanyak praktek akan secara otomatis kepercayaan masyarakat terhadap eksistensi SMK Tunas Bangsa Tawangsari akan semakin kuat, sehingga kedepannnya akan semakin maju dan berkembang.
2. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

Visi Sekolah


Meningkatkan kecerdasan Intelektual, Spiritual, dan Emosional.
 Misi Sekolah
1. Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan;
2. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan;
3. Menumbuhkan kesadaran belajar;
4. Mengembangkan rasa solidaritas terhadap sesama;
5. Mewujudkan keharmonisan dan kesejukan dilingkungan sekolah;
Tujuan Sekolah
Menyiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja serta mengembangkan sikap professional agar mampu memilah dan memilih kerier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan dirinya sendiri di era globalisasi sehingga menjadi warga negara yang normatif, adaptif, produktif dan inovatif.